Home Artikel DIRGAHAYU REPUBLIK INDONESIA

DIRGAHAYU REPUBLIK INDONESIA

by Yudha

Hari Ulang Tahun Republik Indonesia tersebut jatuh pada 17 Agustus 2020 setiap tahunnya, yang diperingati secara meriah dari ujung Sabang sampai Merauke. Namun, peringatan tersebut nampaknya tidak dapat dilakukan sebagaimana tahun-tahun sebelumnya akibat pandemi COVID-19 yang melanda 6 bulan terakhir ini. Upacara kemerdekaan yang rutin dihelat setiap 17 Agustus pagi di Istana Negara, Jakarta, tahun ini akan dilaksanakan secara lebih sederhana, minimalis, dan tentu mematuhi protokol kesehatan pencegahan virus Corona jenis baru. Hal ini sesuai dalam Pedoman Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) RI Ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) Tahun 2020 yang dikeluarkan Menteri Sekertaris Negara. Masyarakat dapat menyaksikan upacara peringatan kemerdekaan dilaksanakan secara daring.

Agenda rutin tahunan berupa karnaval, pawai, termasuk lomba drum band pun tahun ini ditiadakan untuk mencegah penyebaran COVID-19. Meski digelar dengan lebih sederhana dan minimalis, perayaan kemerdekaan Republik Indonesia tetap harus khusyuk dengan menjaga semangat, gairah, dan kreativitas masyarakat. Selain itu, dihimbau masyarakat untuk tetap mengikuti protokol kesehatan untuk meminimalisir penularan COVID-19. “Kemeriahan dan keseriusan hari kemerdekaan akan tetap terjaga di seluruh Indonesia secara virtual,” himbauan kepada masyarakat agar berpartisipasi di lingkungan rumahnya masing-masing.

Cara yang dapat dilakukan untuk memperingati HUT RI ke-75.

1. Menghiasi jalan, fasilitas umum, dan lingkungan sekitar dengan dekorasi warna merah.

2. Tidak menghadiri upacara kemerdekaan di sekitar Istana Negara, namun hanya dengan menontonnya secara virtual di rumah.

3. Turut bernyanyi lagu kebangsaan saat upacara virtual dengan menghentikan aktivitas sementara waktu dan berdiri tegak.

Sementara itu, untuk memeriahkan peringatan HUT RI tahun ini menunjukkan rasa cinta Indonesia dengan menyanyikna bersama lagu Indonesia Raya dengan berdiri tegak siap sempurna saat lagu dikumandangkan serentak pada 17 Agustus pukul 10.17 WIB.

You may also like

Leave a Comment

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More