Home Artikel JELANG PERSIAPAN APE TAHUN 2020: TIM DRIVER PUG KOTA MALANG GELAR KICK-OFF MEETING

JELANG PERSIAPAN APE TAHUN 2020: TIM DRIVER PUG KOTA MALANG GELAR KICK-OFF MEETING

by administrator

Bappeda Kota Malang menggelar Rapat Koordinasi Tim Driver PUG Kota Malang membahas persiapan penilaian Anugerah Parahita Ekapraya (APE) Tahun 2020 dengan melibatkan 4 Perangkat Daerah, antara lain Bappeda, BKAD, Dinas Sosial P3AP2KB dan Inspektorat.

Penghargaan APE itu sendiri merupakan penghargaan bergengsi dari Kementerian Negara Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Republik Indonesia, sebagai bentuk pengakuan dan atas komitmen dan peran pada pimpinan Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah dalam upaya mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender melalui strategi Pengarusutamaan Gender (PUG).

Dalam rapat yang digelar Selasa, 16 Juni 2020 dibahas tentang penguatan peran masing-masing Perangkat Daerah terkait dalam Tim Penggerak/Driver PUG, mengingat Kota Malang selama ini belum pernah mengikuti ajang penghargaan APE.

Padahal bila dibandingkan dengan Jawa Timur dan Nasional, data terakhir dari Bappeda Provinsi Jawa Timur, nilai Indeks Pembangunan Gender (IPG) Kota Malang Tahun 2018 mencapai 94,71 lebih tinggi dari IPG Jawa Timur, yakni 90,01, dan IPG nasional sebesar 91,07. Nilai IPG Kota Malang bahkan berada di peringkat kelima dibanding 38 kabupaten/kota se-Jawa Timur.

Tidak berhenti disitu, nilai Indeks Pemberdayaan Gender (IDG) Kota Malang berdasar data terakhir Bappeda Provinsi Jawa Timur Tahun 2018 juga berada di peringkat 9 di tingkat provinsi. Lebih rendah memang jika dibandingkan IDG Nasional, yakni 72,1, namun masih berada di atas IDG Jawa Timur sebesar 69,71.

Dengan bertolak pada nilai IPG dan IDG Kota Malang yang berada di 10 besar peringkat Provinsi Jawa Timur dan potensi lainnya yang dimiliki oleh Kota Malang, maka sudah saatnya bagi Kota Malang untuk mengikuti ajang bergengsi ini.

Lebih lanjut Kota Malang berharap penghargaan APE yang ingin diraih tidak hanya sekedar sebuah pengakuan semata. Namun, penghargaan tersebut nantinya juga dapat dijadikan sebagai penyemangat dalam mewujudkan Kota Malang Bermartabat yang inklusif gender (red).

Data ODR, OTG, ODP dan PDP Covid-19 di Kota Malang

You may also like

Leave a Comment

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More