Kepala Barenlitbang Kota Malang Membuka Acara Kunjungan 5 Pemeritah Daerah Ke Kota Malang 

Pemerintah Kota Malang melalui Barenlitbang menerima kunjungan dari 5 (lima) Pemerintah Daerah sekaligus dalam satu sesi kunjungan yaitu Pemda Kabupaten Belu (NTT), Pemda Kabupaten Malaka (NTT), Pemda kabupaten Lombik Tengah (NTB), Pemda Kabupaten Lombok Utara (NTB) serta Pemda Kota Mataram, NTB. Kunjungan ini berkaitan tentang pembelajaran sanitasi dan persampahan di Kota Malang.

Menurut Kepala Barenlitbang, jika jumlah penduduk berpengaruh terhadap jumlah sampah setiap Kota. “Jumlah sampah berbanding lurus dengan jumlah penduduk, semakin banyak penduduk maka semakin banyak pula sampah yang dihasilkan,”ujar Kepala Barenlitbang Kota Malang, Ibu Dwi Rahayu.

Misi Kota Malang yang dirumuskan dalam The Future of Malang, diantaranya Malang Nyaman (tata kota yang ramah dan berkelanjutan), yang diwujudkan salah satunya melalui pengelolaan air minum, sampah dan limbah. Antara lain dengan modernisasi TPA, pengurangan sampah plastik, perluasan manfaat Bank Sampah Malang, pengelolaan limbah B3, pengamanan air baku, pemenuhan target cakupan 100% air minum dan akses sanitasi layak.

Ibu Dwi Rahayu berharap jika kegiatan pembelajaran pada hari ini bisa berjalan lancar dan bisa tepat sasaran, serta tentunya banyak sharing pengalaman untuk memperkaya referensi dalam rangka  untuk mendapatkan rumusan metode dan program kegiatan para peserta forum.

Leave a comment