Home Artikel PRAMUSREMBANG PEREMPUAN PERAN SERTA PEREMPUAN DALAM PERENCANAAN PEMBANGUNAN KOTA MALANG

PRAMUSREMBANG PEREMPUAN PERAN SERTA PEREMPUAN DALAM PERENCANAAN PEMBANGUNAN KOTA MALANG

by rony

Dalam pembangunan yang responsif gender, penting dipahami adanya partisipasi perempuan dan laki-laki yang setara bukan ketimpangan agar dapat dipastikan akses dan manfaat pembangunan dapat dibagi dengan adil dan dinikmati secara bersama-sama pula. Namun apa yang terjadi saat ini adalah permasalahan ketimpangan gender masih kuat dirasakan oleh masyarakat.

Masih banyaknya persoalan terutama yang dihadapi oleh perempuan khususnya baik dalam bidang pendidikan, kesehatan, ekonomi, politik, sosial dan budaya merupakan realitas bahwa tingkat partisipasi perempuan dalam ruang-ruang publik seperti pada saat perencanaan pembangunan masih cukup rendah.

Kebijakan yang mengatur rencana pembangunan biasa dikenal dengan istilah pra murenbang, namun kebijakan itu tidak otomatis membuka ruang partisipasi bagi perempuan dengan mudah. Dalam pra musrenbang diberbagai tingkatan, keterlibatan perempuan sangat rendah dan biasanya perwakilan masyarakat yang terlibat di dominasi oleh laki-laki bahkan sebagian besar perempuan tidak memperoleh informasi dan kesempatan terlibat dalam pra musrenbang, akibatnya kepentingan perempuan tidak ada dalam rencana pembangunan, peran mereka juga masih minim dalam setiap tahapan pembangunan.


Dengan demikian pembangunan yang dilaksanakan jauh dari kepentingan strategis dan kebutuhan praktis perempuan.
Dengan Pra Musrenbang Perempuan untuk menjaring aspirasi dan melibatkan secara aktif dan partisipatif dalam pembangunan. Untuk itu perlu dirumuskan langkah-langkah perempuan untuk meningkatkan kualitas diri, bentuk kontribusi dan peran serta perempuan dalam kancah pembangunan.

 130 Total Views

You may also like

Leave a Comment

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More